Rabu, 23 April 2014

Visi Misi Pembangunan Kabupaten Bone 2013-2018


VISI MISI. Visi pembangunan Kabupaten Bone Tahun 2013-2018 di bawah kepemimpinan Bupati Bone Fahsar M Padjalangi (kiri), dan Wakil Bupati Bone Ambo Dalle, adalah "Masyarakat Bone yang Sehat, Cerdas, dan Sejahtera”. Untuk mewujudkan visi tersebut, ditetapkan enam misi. (int)






-------------


Visi dan Misi Pembangunan Kabupaten Bone Tahun 2013-2018



Visi :  "Masyarakat Bone yang Sehat, Cerdas, dan Sejahtera.”

Selanjutnya apabila dikaji visi tersebut, maka dapat diketahui ada 3 (tiga) frase, yaitu sehat, cerdas, dan sejahtera, dengan penjabaran masing-masing frase sebagai berikut :

1. Sehat
--- Meningkatnya derajat kesehatan masyarakat dengan memperluas aksesibilitas pelayanan kesehatan yang adil dan berkualitas. 
2. Cerdas
--- Terciptanya pemerataan pendidikan bagi laki-laki dan perempuan, berkebutuhan khusus, difable dan marginal yang berkualitas  untuk mewujudkan kualitas manusia mandiri berbasis nilai-nilai agama dan kearifan lokal. 
3. Sejahtera
--- Masyarakat yang mampu memenuhi kebutuhan hidup berkelanjutan dalam  aspek ekonomi, politik, sosial budaya, lingkungan hidup, didukung infrastruktrur dan tata kelola pemerintahan yang baik.


Misi :

Dari uraian visi diatas berdasarkan 3 (tiga) frase selanjutnya dijabarkan dalam Misi Bupati Bone 2013 – 2018 sebagai berikut yaitu :

1. Meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, terjangkau, adil dan merata. 
2. Meningkatkan pemerataan dan kualitas pendidikan  yang berkeadilan berbasis nilai-nilai agama  dan kearifan lokal untuk mewujudkan manusia mandiri.
3. Mengembangkan dan menguatkan  ekonomi kerakyatan berbasis potensi lokal dan kelestarian lingkungan.
4. Meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam memenuhi hak-hak dasar masyarakat  yang berkeadilan.
5. Mengembangkan  seni dan budaya dalam kemajemukan masyarakat.
6. Menguatkan budaya politik dan hukum yang demokratis dan bebas KKN

Dalam Upaya mewujudkan visi dan Misi tersebut di atas, Pemerintah Kabupaten Bone menerapkan 4 (empat) Budaya Kerja Organisasi yaitu :
1. Bekerja Cerdas
2. Bekerja Keras
3. Bekerja Ikhlas
4. Bekerja Tuntas


KERJA CERDAS ;
Mampu memperhitungkan risiko, mampu melihat peluang & dapat mencari solusi sehingga dapat mencapai keuntungan yang diharapkan Hal ini tentu didasari tingkat kemampuan yang dimiliki seseorang (profesional pada bidangnya)

KERJA KERAS :
Usaha maksimal untuk memenuhi keperluan hidup di dunia dan di akhirat disertai sikap optimis. Setiap orang wajib berikhtiar maksimal untuk memenuhi kebutuhan hidup di dunia dan akhirat. Kebutuhan hidup manusia baik jasmani maupun rohani harus terpenuhi. Kebutuhan jasmani antara lain makan, pakaian dan tempat tinggal sedangkan kebutuhan rohani diantaranya ilmu pengetahuan dan nasihat. Kebutuhan itu akan diperoleh dengan syarat apabila manusia mau bekerja keras dan berdo’a maka Allah pasti akan memberikan nikmat dan rizki-Nya. Bekerja atau berikhtiar merupakan kewajiban semua manusia. Karena itu untuk mencapai tujuan hidup manusia harus bekerja keras terlebih dahulu. Dalam lingkup belajar, kerja keras sangat diperlukan sebab belajar merupakan proses yang membutuhkan waktu. Orang akan sukses apabila ia giat belajar, tidak bermalas-malasan.

KERJA IKHLAS :
Bekerja dengan bersungguh-sungguh yang dilandasi oleh hati yang tulus dan dilakukan tanpa keluh kesah. Hal ini harus dimulai dari niat yang baik  atau dalam bahasa Bugis disebut "ININNAWA".  Kerja ikhlas adalah bentuk pengorbanan baik tenaga, pikiran, maupun perasaan.

KERJA TUNTAS :
Bekerja tidak setengah-setengah & mampu mengorganisasikan bagian-bagian usaha secara terpadu dari awal sampai akhir untuk mencapai hasil maksimal. Kerja tuntas dikalangan Bugis Bone dikenal dengan prinsip "TELLABU ESSOE RI TENGNGA BITARAE" yaitu jika ingin melakukaan sesuatu pekerjaan maka renungkanlah kemudian satukan hati dan pikiran selanjutnya lakukan dan jangan berhenti di tengah jalan . Untuk menguatkan prinsip tersebut maka menggunakan Motto " SUMANGE' TEALARA" yaitu Teguh dalam Keyakinan, Kukuh dalam Kebersamaan.

-----------------
Keterangan:
-- Visi misi pembangunan Kabupaten Bone ini dikutip dari http://dispendabonekab.blogspot.com/2013/09/visi-dan-misi-dispenda-kabupaten-bone.html (asnawin)

1 komentar: